On Senin, 23 Desember 2013 0 komentar

1.KOMPUTER GENERASI I (1946 – 1959)
                Ciri-ciri komputer generasi I yaitu :
1.Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa (vacum tube) untuk sirkuitnya.
2.Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).
3.Menggunakan operasi stored program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer) dengan memori  utamanya adalah magnetic  core storage.
4.Menggunakan simpanan luar magnetic  tape dan magnetic disk.
5.Ukuran fisik  komputer yang besar dan memerlukan ruangan yang luas.
6.Cepat panas,sehingga diperlukan alat pendingin.
7.Prosesnya kurang cepat.
8.Simpanannya kecil.                    
9.Membutuhkan daya listrik yang besar.
10.Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.
                Ex: ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)
*Untuk menghitung sasaran bom oleh pasukan militer Amerika.Ruang yang dibutuhkan      oleh ENIAC ini adalah 500 m2 dengan berat 30 ton.

Komputer generasi   I
http://aldimaulana58.files.wordpress.com/2011/11/kmptr-generasi-pertama.gif?w=300&h=225

2.KOMPUTER GENERASI II (1959 – 1964)
 Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.
            Ciri-ciri komputer generasi II yaitu:
1.Komponen yang digunakan adalah transistor,sirkuitnya dikembangkan oleh JOHN BARDEEN , WILLIAM STOCKLEY dan WALTER BRATTAIN di Bell laboratories  tahun 1947.
2.Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language) seperti bahasa fortran , cobol dan algol (the algorithmic language).
3.Komponen penyimpanan lumayan besar.
4.Menggunakan simpanan luar.
5.Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing.
6.Ukuran komputer lebih kecil.
7.Proses operasi sudah cepat (memproses jutaan informasi perdetik).
8.Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
9.Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis,tetapi juga ke aplikasi teknik.


http://aldimaulana58.files.wordpress.com/2011/11/generasi-2.jpg?w=300&h=234
Komputer generasi II
3.KOMPUTER GENERASI III (1964 – 1970)
 Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
                      Ciri-ciri komputer generasi III yaitu:
1.Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
2.Peningkatan dari softwarenya.
3.Lebih cepat dan lebih tepat.
4.Kapasitas memori lebih besar dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5.Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access yaitu disk magnetic.
6.Penggunaan listrik lebih hemat dari generasi yang sebelumnya.
7.Memungkinkan melakukan multiprocessing (memproses sejumlah data dari sumber berbeda dalam waktu yang sama) dan multiprogramming (mengerjakan beberapa program sekaligus).
8.Harga semakin murah.
9.Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer ke komputer lainnya misalnya melewati alat komunikasi telepon.


http://aldimaulana58.files.wordpress.com/2011/11/komputer-generasi-ketiga.jpg?w=300&h=216
Komputer generasi III
4.KOMPUTER GENERASI IV (1970 s/d ...)
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
Ciri-ciri komputer generasi IV yaitu:
1.Komponen yang digunakan adalah Large Scale Integration (LSI).                                                                                  
LSI : Pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip.
LSI  dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI).
2.Ukuran sudah semakin kecil dan ringan.
3.Biaya lebih murah.
4.Kecepatan lebih tinggi dan lebih akurat.

Komputer generasi IV
http://aldimaulana58.files.wordpress.com/2011/11/komputer-generasi-keempat.jpg?w=300&h=290
              PENERAPAN KOMPUTER DI BERBAGAI BIDANG
1.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG TEKNIK
1.Electronic Workbench : Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan simulasi rangkaian elektronik yang akan dibuat.Aplikasi ini sangat membantu,karena software ini dapat mendeteksi kesalahan pada rangkaian yang akan dibuat setelah melakukan simulasi terhadap rangkaian itu.
2.Protel  : Aplikasi khusus elektronika yang digunakan untuk membuat layout atau pola dari rangkaian elektronika.Aplikasi yang serupa dengan protel adalah PCB Designer.
3.Autocad : Aplikasi untuk menggambar teknik,seperti teknik mesin,arsitektur,animasi dan elektronika.Autocad sangat membantu bidang elektronika untuk membuat skema rangkaian elektronika dengan cepat dan akurat.Aplikasi yang hampir sama dengan autocad adalah microsoft visio.
4.ISP (In System Program) : Aplikasi ini digunakan untuk membuat program yang dikomplasi dengan extension file.asm dari notepad yang berisi program untuk microcontroller dengan bahasa pemrograman assembly.

2.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG ILMU PENGETAHUAN
1.Komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat.
2.Penelitian dan riset pengembangan yang berbahasa bila dilakukan manusia yang membutuhkan biaya yang besar,sekarang dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.
3.Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar komputer, sehingga tidak perlu membuat model yang sebenarnya.
4.Komputer dapat juga digunakan untuk membuat model molekul-molekul yang dapat ditampilkan secara grafik pada layar komputer.
5.Pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah.
6.Sistem komputer dapat digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa.

3.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS
1.Informasi pengiriman dan pemesanan.
2.Pelaporan informasi dari klien dan interprise.
3.Sistem pembayaran domestik dan internasional.
4.MIS (Management Information System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen) : Suatu sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.
5.AIS (Accounting Information System) : Sistem akuntansi yang menyediakan informasi baik manajemen maupun pihak luar yang menggunakan komputer untuk mengolah data informasinya.
6.E-Commerce  : Perdagangan yang menggunakan jaringan komunikasi internet yang melibatkan transfer dana elektronik,pertukaran data elektronik,sisten inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.

4.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG INDUSTRI
1.Pengawasan numerik (Numeric Control) atau pengawasan proses (Process Control) yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi ,misalnya CAM (Computer Aided Manufacture),CAD (Computer Aided Design) dan CIM (Computer  Integrated Manufacture).
2.Numeric Control : Sistem otomatisasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang di program secara abstrak dan disimpan di media penyimpanan.
3.Process Control : Memungkinkan produksi massal dari proses yang terus menerus seperti penyulingan minyak,pembuatan kertas,bahan kimia,pembangkit listrik dan industri lainnya.
4.CAM : Penggunaan komputer untuk membantu dalam semua operasi dari pabrik,termasuk perencanaan,manajemen transportasi dan penyimpanan.
5.CAD : Penggunaan sistem komputer untuk membantu dalam penciptaan,modifikasi,analisis atau optimasi dari desain.
5.CIM : Pendekatan pembuatan menggunakan komputer untuk mengontrol seluruh proses produksi.

5.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN
1.MACSYMA [1] atau MAPLE [2] : Program aplikasi matematika simbolik yang dapat digunakan dalam pemfaktoran,penghitungan akar persamaan kuadrat maupun kubik,operasi matriks,solusi persamaan linear beberapa buah variabel,kalkulus differensial dan integral.
2.TUTOR : Komputer berperan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbasiskan komputer.
3.TOOL : Komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintegrasikan komputer.
4.TUTEE : Komputer berperan sebagai alat yang diajar,dan bisa melakukan tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
5.Komputer dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran,seperti pengolahan data nilai,penjadwalan,beasiswa dan sebagainya.
6.Komputer memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book).
7.E-learning : Dapat melakukan pembelajaran jarak  jauh melalui  internet.

6.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENERBANGAN
1.Sistem autopilot : Berfungsi untuk mengendalikan pesawat secara otomatis.
2.Flight data display yang terletak di layar kokpit yang juga termasuk olahan komputer yang terus menerus mengkoreksi error.
3.TCAS atau sistem anti tabrakan yang juga menggunakan komputer untuk menghitung kemungkinan terjadinya tabrakan,lalu membunyikan alarm jika sudah berbahaya.
4.Komposisi udara,kelembaban atau temperatur kabin pesawat juga dikendalikan menggunakan komputer.
5.Menghitung ketinggian pesawat.
6.Mengendalikan panel-panel pesawat seperti keadaan mesin bahan bakar dan kecepatan.
7.Radar juga menggunakan sistem komputer.
7.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG KEPOLISIAN DAN PERTAHANAN
1.Penyusunan persiapan strategi perang.
2.Pemeriksaan peta kekuatan lawan melalui media internet.
3.Komputer dapat digunakan untuk melakukan proses desain senjata.
4.Crime Analysis Support System : Program ini dapat mengidentifikasikan suatu daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.
5.Untuk mengetahui nomor mobil yang melakukan pelanggaran.
6.Untuk menyimpan data mengenai sidik jari tangan.
 7.PROMIS (Prosecutor-Offender Manajemen Information  System) : Memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas  mana yang paling penting dan memberikan informasi mengenai bukti-bukti tertuduh untuk dibawa ke  pengadilan.
8.CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt) : Menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan ditampilkan di layar komputer.
9.MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network) : Menyediakan informasi sekitar 150.000 orang-orang yang mempunyai latar belakang kriminalitas,meliputi sidik jarinya,nama-nama samarannya dan data mendetail lainnya.
10.ARJIS (Automated Regional Justice Information System) : Dapat menyediakan informasi mengenai sidik jari dan tingkah laku dari pelaku kriminalitas yang dicurigai.

8.PENERAPAN KOMPUTER DALAM BIDANG PERMAINAN

1.Komputer bisa digunakan untuk permainan (games) 3 dimensi (3D) yang dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan spesial efek.
2.Dapat bermain dengan teman dalam satu komputer.                        

3.Dapat bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar